Visi Madrasah
Jumat, 16 Jun 2884
  • Selamat Datang Di Website Resmi MTsN 2 Lamongan - Madrasah Islami, Berprestasi, dan Berwawasan Lingkungan
  • Selamat Datang Di Website Resmi MTsN 2 Lamongan - Madrasah Islami, Berprestasi, dan Berwawasan Lingkungan
10 Juni 2022

Siswa MTsN 2 Lamongan Terima Sosialisasi Gerakan PSN 3 Plus Dari UPT Puskesmas Glagah

Jum, 10 Juni 2022 Dibaca 56x Berita

Lamongan, 10/6/2022– Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Lamongan menerima sosialisasi Demam Berdarah Dengue (DBD) dari Pusat Kesehatan Masyarakat (PKM) Kab. Lamongan kecamatan Glagah, di halaman MTsN 2 Lamongan.

Ketua tim PKM Kab. Lamongan Kec. Glagah Dr. Sesanti dalam mengawali sosialisasinya memaparkan DBD disebabkan virus Dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes. Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa MTsN 2 Lamongan tentang penyakit DBD dan cara penanggulangan.

“Oleh karena para siswa MTsN 2 Lamongan, kami mengajak untuk turut peduli dalam upaya mencegah penyebaran DBD antara lain dengan menjaga kebersihan lingkungan, melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) minimal di lingkungan madrasah dan tempat tinggalnya masing-masing,” papar Dr. Sesanti.

Dilanjutkaan Rifa’i untuk pencegahan DBD yang paling efektif dan efisien sampai saat ini adalah PSN dengan cara 3M Plus, yaitu 1.Menguras dan membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air. 2.Menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air  seperti: drum, bak mandi. 3. Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD.

“Sedangkan PLUS yakni menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air, menggunakan kelambu saat tidur serta menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk,” sebut Rifa’i.

Rifa’i berharap para siswa MTsN 2 Lamongan untuk meningkatkan kewaspadaan karena kemungkinan perkembangbiakan nyamuk akan meningkat terutama di musim hujan, sehingga sering menyebabkan kejadian luar biasa (KLB) demam berdarah Dengue (DBD) pada saat musim penghujan.

“Mari kita sama-sama lakukan 3M Plus agar lingkungan dan keluarga kita bisa terhindar bahaya DBD,”.

Di Kec. Glagah sudah dicanangkan program Glagah Berbatik (Bersama Berantas, Jentik Dengab Ikan Cupang) yang terus disosialisasikan oleh Puskesmas Glagah pada masyarakat kec. Glagah yang terdiri dari 29 desa, ujar Rifa’i.

Usai sosialisai DBD ditanggapi Kepala MTsN 2 Lamongan (Asman), mengungkapkan dengan adanya sosialisasi DBD kami sangat mendukung kegiatan dari PKM Lamongan.

“Kami siap untuk membudayakan Pola Hidup Sehat dan Bersih dan menjalankan program PSN di lingkungan MTsN 2 Lamongan, serta menanam tanaman pencegah nyamuk Aedes aegypti dan Aedes,” ungkap Kamad (Asman) dan dilanjutkan foto bersama tim kesehatan puskesmas Kec. Glagah.(mf)

Clik vidio