Momen Nuzulul Quran Kamad Jadikan Sebagai Wahana Untuk Mentadabburi Al-Quran

Lamongan, 7/5/2021. MTsN 2 Lamongan memperingati PHBI  “Nuzulul Qur’an”, kegiatan yang dihadiri seluruh guru dan karyawan serta sebagian siswa penerima zakat fitrah. Diawali pada pra acara dengan hataman Al Qur’an dan dilanjutkan acara inti.

Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Lamongan (Nur Endah Mahmudah) mengatakan peringatan Nuzulul Qur’an kali ini hendaknya dijadikan sebagai wahana untuk mentadabburi Al-Qur’an.

“Bukan hanya membaca, mempelajari, tapi juga menghayati makna dan esensi Al-Qur’an,” ujarnya Jumat (7/05/21).

Menurutnya, Nuzulul Qur’an merupakan kasih sayang Allah menurunkan pedoman dan petunjuk bagi umat manusia, yakni Al-Qur’an untuk keselamatan dan kebaikan untuk semua dan alam jagat raya serta isinya“ Oleh sebab itu, mari kita lebih giat untuk selalu memperdalam Al-Qur’an, dan bisa mengamalkan kandungan yang ada di dalamnya,” tambahnya.

Hal senada juga diungkapkan Kasi Pendma Kemenag Kab. Lamongan (Drs. H. Masduqi Yasin, M.Ag), bahwa dengan peringatan nuzulul Qur’an senantiasa akan tertanam dan terpatri dalam hati sanubari warga madrasah untuk selalu cinta dan setia kepada kitab suci Al Qur`an dan segala isi kandungannya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Al Qur’an merupakan salah satu mu’jizat Nabi Muhammad SAW dan petunjuk bagi umat manusia dan penjelas serta pembeda antara yang ma’ruf dan munkar,” ujarnya di masjid Nurul Ilmi MTsN 2 Lamongan.

H. Masduqi Yasin,  menambahkan momen ini dijadikan sebagai inspirasi pembentukan siswa yang berkarakter religius menuju insan yang agamis dan produktif. “Penanaman karakter keagamaan dan nilai-nilai ubudiyah untuk anak peserta didik harus dilakukan sejak dini dan di saat momen berharga seperti ini,” tuturnya.

Acara diakhiri dengan pembagian Zakat Fitrah pada masyarakat sekitar dan siswa miskin.