Posted on 26/11/2019 by mtsn 2 lamongan

Lamongan, 22/11/2019, MTsN 2 Lamongan menggelar workshop bertemakan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Abad 21. Workshop ini dilaksanakan selama dua hari, mulai hari Jumat (22/11) dan Jumat (29/11). Kegiatan workshop ini diikuti seluruh guru, baik Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun Non ASN.

Peserta yang mengikuti kegiatan ini merasa senang karena wawasan dan pengetahuannya bertambah untuk menghadapi Pembelajaran Abad 21.

Nur Endah Mahmudah, selaku kepala madrasah juga menyampaikan dalam sambutan pembukaan workshop yaitu untuk meningkatkan standart mutu pendidikan dan tenaga kependidikan serta meningkatkan keterampilan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran yang berbasis IT dan media sosial.

Disamping itu kepala madrasah mengharapkan kepada seluruh guru yang ada baik ASN maupun yang non ASN wajib untuk mempunyai pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Karena guru sekarang ini dituntut selalu mengikuti perkembangan zaman, apalagi di abad 21 pada Era Milinial Global.

Kepala Kemenag Kab. Lamongan (H. Sholeh) dalam sambutannya, “Kita ingin para guru termotivasi untuk terus belajar, menggali, dan mengeksplore metode pembelajaran dari sumber mana saja untuk selanjutnya mereka dapat menemukan metode baru yang berbeda dari hasil inovasi yang bisa diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas,”.

Workshop dengan thema Penyusunan Perangkat Pembelajaran Abad 21. yang mengupas tentang metode pembelajaran yang dapat membuat peserta didik dapat memiliki keterampilan komunikasi, berkolaborasi, kreatif, dan berpikiran kritis. Karena ke-empat keterampilan itulah yang dbutuhkan zaman now dan zaman mendatang supaya dapat menjadi manusia-manusia yang unggul dan berkualitas.

Workshop dibawakan oleh Bapak Miftahsirojuddin (WI BDK Surabaya) yang sudah berpengalaman di dalam dunia pendidikan.

Disela-sela kegiatan, Ketua Panitia (Miftakhuddin), menjelaskan bahwa workshop Implementasi Metode Pembelajaran Abad 21 ini salah satunya bertujuan untuk memberi pemahaman kepada para guru tentang makna dan variasi metode pembelajaran yang bisa diimplementasikan dalam proses pembelajaran.

Diharapakan setelah mengikuti kegiatan ini guru dapat melaksanakan pembelajaran sesuai kecakapan abad 21 dan menyenangkan baik di dalam maupun di luar kelas.