Posted on 12/08/2019 by mtsn 2 lamongan

Lamongan, 12/8/2019. Allahu Akbar… Allah Akbar… Allah Akbar… Laa ilaha ilallahu wallahu akbar… Allahu Akbar… Walillah ilham…

Pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1440 H. ini sangatlah special, karena bertepatan pada bulan Agustus tahun Masehi dimana semangat menyambut kemerdekaan Republik Indonesia masih terasa.

Seiring dengan hal tersebut MTsN 2 Lamongan semangat berbagi antar sesama diwujudkan dalam pelaksanaan Qurban.

Tahun ini MTsN 2 Lamongan menyembelih 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing.

Gema takbir mengumandang saat pemotongan hewan kurban dilaksanakan tepat pukul 07.00 WIB. Penyembelihan hewan Qurban di lakukan oleh Bpk. Zaini Miftah, yang disaksikan oleh para siswa yang terlihat antusias memperhatikan proses penyembelihan dan pemotongan sampai penimbangan daging yang akan di distribusikan.

Para siswa mengamati pelaksanaan penyembelihan hewan kurban dengan seksama, selain sebagai pengalaman, mereka juga sebelumnya telah diberikan tugas oleh guru Fiqh yaitu untuk membuat laporan kegiatan kurban hari itu. Menurut Ibu Nur Aini, kegiatan ini tidak bisa kita kenalkan kepada siswa hanya bersifat teorinya saja, namun harus dibarengi dengan praktik dan kegiatan pemotongan hewan qurban hanya bisa dikenalkan pada bulan idul qurban.

Kegiatan ini juga mempunyai nilai tarbiyah atau pendidikan yang sangat tinggi, dimana sejak dini peserta didik dibiasakan menjadi hamba yang siap untuk dekat dengan sang Khalik, berqurban, berbagi dan peduli kepada sesama muslim dan sesama manusia. Karena ibadah qurban mempunyai nilai dimensi ibadah kepada Allah juga mempunyai dimensi nilai sosial yakni berbagi dan peduli dengan yang lain kata ketua panitia (Nur Muhammad).

Dalam kesempatan itu, Kepala Madrasah (Nur Endah Mahmudah) menyampaikan sambutannya, tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT serta mempererat kebersamaan dan toleransi, juga sebagai pelatihan bagi para siswa tentang penyembelihan hewan kurban, karena pada saatnya kelak mereka akan terjun di masyarakat. Beliau menambahkan, bahwa daging kurban akan didistribusikan kepada para siswa yang kurang mampu, serta masyarakat warga lingkungan madrasah.

Kegiatan ini diakhiri dengan agenda utama, yaitu membagikan daging qurban, serta makan bersama yang dilaksanakan di Masjid Nurul Ilmi sekaligus menjalin silaturahmi antar seluruh keluarga besar MTsN 2 Lamongan.