SEJARAH SINGKAT BERDIRINYA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 LAMONGAN

Asal Muasal MTsN  2  Lamongan

MTsN Lamongan berdiri pada tanggal 31 Mei 1980 dengan Surat Keputusan Menteri Agama RI No. 27 tahun 1980 tentang Relokasi dari MTsN Karangrejo II Magetan.

Sebenarnya MTsN  2 Lamongan berasal dari MTs Falahiyah.

Sejarah Berdirinya MTs Falahiyah Glagah

MTs Falahiyah didirikan pada tahun 1975 yang pada mulanya PGA 4 Tahun, yang pada awalnya menempati Gedung milik Madrasah Ibtidaiyah Falahiyah Glagah dan menempati Balai Desa Glagah.

Kemudian pada tahun 1978 diubah menjadi MTs Falahiyah, pada tanggal 25 Agustus 1980 pengurus Madrasah mendapatkan tawaran dari pihak Departemen Agama Kabupaten Lamongan untuk peralihan status dari Swasta ke Negeri. Setelah pengurus mengadakan musyawarah dan dicapai kesepakatan bahwa peralihan status dari Swasta ke Negeri. Sebagai tindak lanjut dari tawaran tersebut pengurus mengirim surat pengajuan/usulan pada Departemen Agama Pusat lewat Departemen Agama Kabupaten Lamongan.

Dalam Penyediaan tanah tempat lokasi yang akan dibangun, seluruhnya di usahakan oleh pengurus Madrasah Tsanawiyah Falahiyah Glagah, seluas  kepada Departemen Agama Kabupaten Lamongan.

LETAK GEOGRAFIS MADRASAH

Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Lamongan terletak di Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan Provinsi Jawa Timur, jarak dari kota lamongan ±20 km. Jarak dari Kabupaten Gresik sekitar 32 km, dari Kecamatan Deket sekitar 13 km, dari Kecamatan Manyar sekitar 16 km. Madrasah Tsanawiyah Negeri Lamongan (MTsN) 2 Lamongan sangat strategis sekali, karena berada di lingkungan masyarakat yang agamis mayoritas masyarakatnya beragama islam. Sedangkan lokasimya berdekatan dengan Kantor Pendidikan dan Kebudayaan Kec. Glagah dan juga dekat dengan kecamatan  ±1 km, dan kantor Urusan Agama ±750m. Adapun MTs Negeri 2 Lamongan dikelilingi berbagai macam lembaga pendidikan yang antara lain SDN Glagah I, SDN Glagah II, MI Falahiyah Glagah (±750m), MTs Muhammadiyah 23 dan SMA Muhammadiyah 7 (±750m) dan SLTP/SMA Hasyim Asy’ari (±900m).