Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) MTsN 2 Lamongan Tahun 2020

Terkait dengan pelaksanaan penilaian kinerja kepala madrasah tersebut, Ditjen Pendidikan Islam melalui Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah menyusun petunjuk teknis penilaian kinerja kepala madrasah yang kemudian ditetapkan melalui SK Ditjen Pendis Nomor 1111 Tahun 2019.

Kinerja kepala madrasah, sebagaimana juknis, dinilai berdasarkan 5 komponen penilaian. Kelimanya terdiri atas empat tugas utama kepala madrasah dan ditambah dengan satu komponen tambahan. Sehingga kelimanya meliputi :

1. Usaha pengembangan madrasah,
2. Pelaksanaan tugas managerial
3. Pengembangan kewirausahaan
4. Supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan
5. Hasil kinerja kepala madrasah

Empat komponen penilaian tugas utama kepala madrasah dinilai setiap tahun, sedangkan penilaian komponen kelima (hasil kinerja kepala madrasah) dinilai perempat tahun sekali.

Penilaian kinerja kepala madrasah dilaksanakan pada hari Senin tanggal 19 Oktober 2020, bertempat di R. Meeting MTsN 2 Lamongan, ditunjuk sebagai Tim PKKM Kemenag Kab. Lamongan adalah Bapak Drs. H. Lutfi, M.Pd. dan Bapak Drs. H. Harmaji, M.Pd.  PKKM merupakan sistem formal yang digunakan untuk menilai kinerja secara periodik, dan hasilnya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dalam rangka pengembangan, pemberian reward, perencanaan, pemberian konpensasi dan motivasi.

Kedatangan Tim PKKM Kemenag Kab. Lamongan disambut oleh Tim PKKM MTsN 2 Lamongan, Dengan acara pembukaan mulai dari sambutan kepala madrasah Ibu Nur Endah Mahmudah, S.Ag., M.Pd.I dengan mengucapakan selamat datang serta memohon berbagai arahan dari bapak Pengawas.

Dilanjutkan dengan kata sambutan dati Tim PKKM Kemenag Kab. Lamongan,. Bapak H. Lutfi, beliau mengapresiasi dengan berbagai suguhan berkas yang sudah disiapkan oleh madrasah “saya mengapresiasi sekali atas kinerja madrasah ini, begitu banyak berkas yang sudah disajikan dan sangat bagus sesuai instrument PKKM semoga ini ditingkatkan lebih bagus lagi”. Ucapnya.

MTsN 2 Lamongan akan selalu ber-usaha lebih baik lagi, baik dalam administrasi maupun bidang lainnya. Termasuk pelayanan terhadap peserta didik. Yang mana mereka wajib mendapatkan transfer ilmu dari para pendidik di MTsN 2 Lamongan.